Table of Contents
ToggleTRAINING UNDERSTANDING CUSTOMER BEHAVIOUR
Deskripsi
Tahukah Anda? Memahami perilaku pelanggan secara mendalam dapat meningkatkan retensi hingga dua kali lipat dan meningkatkan loyalitas pelanggan yang berkontribusi pada pertumbuhan pendapatan perusahaan secara signifikan. Training understanding customer behaviour ini menjadi kunci untuk mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi pelanggan secara tepat sehingga perusahaan dapat memberikan pengalaman yang relevan dan memuaskan.
Pelatihan understanding customer behaviour ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana pelanggan berpikir, merasa, dan bertindak dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Mengapa pelatihan ini penting? Peserta akan dipandu untuk memahami faktor psikologis, sosial, dan budaya yang memengaruhi perilaku konsumen serta bagaimana menggunakan informasi tersebut untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan personalisasi layanan. Selain itu, pelatihan ini membekali peserta dengan teknik analisis perilaku dan alat yang membantu meningkatkan pengalaman pelanggan secara menyeluruh.
Pelatihan yang membahas mengenai customer service online tidak tuntas jika dipelajari dalam hitungan jam, diperlukan waktu tersendiri dan bimbingan yang profesional.
Tujuan
- Mengenali pola dan faktor yang mempengaruhi perilaku pelanggan
- Menggunakan data perilaku untuk segmentasi pasar yang efektif
- Meningkatkan kemampuan komunikasi dan pendekatan yang sesuai dengan karakter pelanggan
- Menerapkan strategi pemasaran yang berfokus pada kebutuhan pelanggan
- Mengoptimalkan pengalaman pelanggan untuk meningkatkan loyalitas dan penjualan
Dengan mengikuti pelatihan customer behaviour ini, diharapkan peserta dapat lebih mendalami pengetahuan mengenai understanding customer behaviour.
Materi
- Dasar-dasar perilaku konsumen
- Faktor psikologis dan sosial dalam perilaku pelanggan
- Segmentasi dan target pasar berbasis perilaku
- Customer journey mapping
- Teknik pengumpulan dan analisis data pelanggan
- Strategi komunikasi yang efektif
- Personalisasi produk dan layanan
- Pengaruh budaya dan tren terhadap perilaku konsumen
- Customer experience management
- Studi kasus dan simulasi perilaku pelanggan
Peserta
Training analisis pelanggan ini sangat cocok untuk diikuti peserta dari kalangan :
- Staf pemasaran dan penjualan
- Customer service dan support
- Manajer produk dan brand
- Pengembang strategi bisnis
- Pemilik usaha kecil dan menengah
Instruktur
Training perilaku pelanggan yang diselenggarakan, akan dilatih oleh instruktur yang berpengalaman dalam bidang memahami perilaku konsumen :
Instruktur yang mengajar pelatihan understanding customer behaviour ini adalah instruktur yang berkompeten di understanding customer behaviour ini baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.
Metode Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan metode yang interaktif dan aplikatif, sehingga peserta dapat lebih mudah memahami materi. Instruktur berpengalaman akan menyampaikan materi secara sistematis, sementara peserta akan mengikuti diskusi kelompok untuk mendalami konsep. Selain itu, pelatihan ini juga mencakup simulasi serta studi kasus yang membantu peserta memahami penerapan konsep secara langsung dalam dunia kerja. Dengan pendekatan ini, mereka tidak hanya memperoleh wawasan teoretis, tetapi juga mengembangkan keterampilan praktis yang dapat mereka terapkan sesuai dengan kebutuhan industri.
Jadwal Pelatihan SQN Training 2025
- Batch 1 : 18 – 19 Januari 2025 / 26 – 27 Januari 2025
- Batch 2 : 15 – 16 Februari 2025 / 23 – 24 Februari 2025
- Batch 3 : 8 – 9 Maret 2025 / 23 – 24 Maret 2025
- Batch 4 : 18 – 19 April 2025 / 20 – 21 April 2025
- Batch 5 : 19 – 20 Mei 2025 / 24 – 25 Mei 2025
- Batch 6 : 15 – 16 Juni 2025 / 22 – 23 Juni 2025
- Batch 7 : 18 – 19 Juli 2025 / 26 – 27 Juli 2025
- Batch 8 : 11 – 12 Agustus 2025 / 24 – 25 Agustus 2025
- Batch 9 : 14 – 15 September 2025 / 21 – 22 September 2025
- Batch 10 : 12 – 13 Oktober 2025 / 26 – 27 Oktober 2025
- Batch 11 : 16 – 17 November 2025 / 26 – 27 November 2025
- Batch 12 : 7 – 8 Desember 2025 / 22 – 23 Desember 2025
Tempat Pelaksanaan Pelatihan
Pelatihan ini sudah pernah diadakan di Jakarta dan Yogyakarta. Kami juga bisa menyelenggarakan di kota lain, antara lain :
- Bandung
- Bali
- Surabaya
- Makassar
Note : Waktu dan tempat pelaksanaan pelatihan bisa kami sesuaikan dengan kebutuhan peserta.
Investasi Pelatihan Lokal SQN Training :
- Investasi pelatihan selama DUA hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta.
- Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.
Fasilitas Pelatihan di SQN Training
- Module / Hand-out
- FREE Flash disk
- Sertifikat
- FREE Bag or Backpack (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi Photo, Block note, ATK, Etc.)
- 2x Coffee Break, 1x Lunch, & 1x Dinner
- FREE Exclusive Souvenir
- Training Room Full AC And Multimedia.
AYO SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA
Syarat dan Ketentuan Berlaku
* Artikel diatas ditulis oleh Diyah Ayu, seorang copywriter dan spesialisasi SEO dalam penulisan silabus pelatihan/training. Sejak awal tahun 2024, saya telah aktif menulis artikel dan berkontribusi di website SQN Training sejak awal tahun 2025. Saya berfokus pada pembuatan konten informatif yang membantu para profesional serta perusahaan dalam menemukan solusi pelatihan yang tepat.