Table of Contents
ToggleApakah Anda Seorang :
- Staff di sebuah perusahaan?
- Karyawan di sebuah perusahaan?
- Manager di sebuah perusahaan?
- Pimpinan di sebuah perusahaan?
Berikut ini adalah Fakta Mengenai Grievance Mechanisme :

Konflik sosial kerap kali terjadi antara perusahaan dan masyarakat sekitar, bahkan sering kali menimbulkan gangguan pada operasional perusahaan atau bisa menimbulkan kerusakan. Berbagai faktor menjadi akar masalah terjadinya konflik sosial, yang salah satunya tidak tersalurkannya aspirasi dan permasalahan yang ada di masyarakat hingga bereksalasi menjadi konflik social.
Grievance Mechanism adalah metode efektif untuk menampuh keluhan dan masukan dari masyarakat. Hal ini menjadi penting adalah bagaimana membuat mekanisme tersebut bisa berfungsi dan diterima oleh masyarakat dengan baik.
Apa manfaat mengikuti pelatihan ini ?
- Mampu menganalisa kerentanan, potensi dan sumber konflik antara masyarakat-perusahaan
- Mampu mengidetifikasikan dan menyusun model komunikasi sosial yang tepat antara masyarakat dan perusahaan
- Mampu membuat model – model Grievance Mechanisme yang sesuai dengan kondisi sosial masyarakat
- Membuat frame analisis grievance dan membangun strategi untuk respon pada masyarakat
Berita Baiknya adalah :
Kami menyediakan pelatihan GRIEVANCE MECHANISME, Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:
1. Presentation
2. Discuss
3. Case Study
4. Evaluation

Siapa Yang Akan Menjadi Pembicara Pada Pelatihan ini ?

Instruktur yang mengajar pelatihan Grievance Mechanisme ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang Grievance Mechanisme baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.
Materi Pelatihan Apa Yang Akan Didapatkan?
- Analisis Resiko Sosial (Social risk)
– Paradigma perubahan mendasar sistem keamanan perusahaan pasca reformasi
– Pengenalan sistem sosial dan pendekatan ke masyarakat
– Mengidentifikasikan kerentanan – kerentanan di masyarakat
– Pemetaan potensi konflik pada tiap tahapan operasional perusahaan
– Pengenalan konsep – konsep Grievance Mechanisme - Membangun model Grievance Mechanisme
– Teknik PRA (Participatory Rural Appraisal) membangun grievance mechanisme
– Teknik RRA (Rural Rapid Appraisal) membangun grievance mechanisme
– Model – model grievance non konvensional - Monitoring Grievance Mechanisme
– Management data dan teknis analisis data
– Penyusunan pelaporan dan koordinasi lintas sektor
– Membuat perencanaan respon hasil Grievance Mechanisme
– Best practice : Issues monitoring – SMART monitoring tools - Praktek/Bedah Kasus Grievance Mechanisme
– Praktek membuat dan melakukan bedah kasus dari Grievance Mechanisme yang akan atau sudah dilakukan oleh peserta pelatihan
– Membagi best practices antar peserta
– Rangkuman dan penyimpulan
Metode Pelatihan
Presentasi
Pelatihan dengan metode Presentation untuk matrikulasi dan penyampaian materi
Diskusi
Komunikasi interaktif antara trainer dan peserta didalam kelas
Studi Kasus
Membahas contoh permasalahan yang ada dan berbagi pengalaman
Praktek
Praktek Lapangan untuk peserta belajar dan berlatih secara mandiri
Selain Materi Pelatihan Benefit Apa Lagi Yang Akan Didapatkan
Sertifikat
Lunch
Coffee Break
USB Flasdisk
Modul
Souvenir
Transport
Jogja Dinner
Training Kit
Affrodable Investment
Lokasi Pelatihan
Jakarta
Hotel Amaris Kemang
Bandung
Hotel Amaris Setiabudhi
Yogyakarta
Hotel Dafam Seturan
Bali
Hotel Quest Kuta
Berapa Investasi Jika Saya Upgrade Skill?
Investasi pelatihan selama dua hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel to contact us.
Apabila perusahaan membutuhkan paket lain IN HOUSE TRAINING, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan
JADWAL PELATIHAN TAHUN 2023
Januari
18-19 / 26-27
Februari
15-16 / 23-24
Maret
8-9 / 23-24
April
18-19 / 20-21
Mei
19-20 / 24-25
Juni
15-16 / 22-23
Juli
18-19 / 26-27
Agustus
11-12 / 24-25
September
14-15 / 21-22
Oktober
12-13 / 26-27
November
16-17 / 26-27
Desember
7-8 / 22-23