Table of Contents
ToggleTRAINING PROFESSIONAL RECEPTIONIST & OPERATOR
Deskripsi
Hasil survei lembaga pelatihan layanan pelanggan sebelum 2020 menunjukkan bahwa 72% kesan pertama pelanggan terhadap perusahaan terbentuk hanya dalam 30 detik pertama interaksi dengan receptionist atau operator. Oleh karena itu, pelatihan peran frontliner seperti receptionist menjadi sangat krusial dalam membentuk citra profesional perusahaan.
Pelatihan ini dirancang untuk membentuk receptionist dan operator menjadi representasi profesional dari perusahaan melalui keterampilan komunikasi, etika kerja, dan manajemen interaksi pelanggan. Bagaimana jika satu sapaan hangat dan jawaban cepat Anda bisa menentukan loyalitas klien terhadap perusahaan? Peserta akan mempelajari teknik menyambut tamu, pengelolaan telepon, serta membangun citra positif melalui penampilan, suara, dan respons yang tepat dalam berbagai situasi.
Pelatihan yang membahas mengenai receptionist profesional tidak tuntas jika dipelajari dalam hitungan jam, diperlukan waktu tersendiri dan bimbingan yang profesional.
Tujuan
- Meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan nonverbal
- Membentuk sikap pelayanan prima dalam setiap interaksi
- Mengelola panggilan telepon dan kunjungan tamu secara profesional
- Menangani keluhan dan situasi sulit dengan tenang
- Menciptakan kesan pertama yang positif terhadap perusahaan
Dengan mengikuti pelatihan keterampilan receptionist ini, diharapkan peserta dapat lebih mendalami pengetahuan mengenai professional receptionist & operator.
Materi
- Peran dan tanggung jawab receptionist & operator
- Etika profesional dan penampilan frontliner
- Teknik menyapa dan menerima tamu
- Komunikasi verbal dan nonverbal
- Manajemen panggilan masuk dan keluar
- Penanganan keluhan dan pelanggan sulit
- Pengenalan sistem telepon dan logistik front office
- Pengelolaan jadwal dan koordinasi internal
- Pentingnya menjaga kerahasiaan dan data tamu
- Simulasi layanan receptionist dan operator profesional
Peserta
Training front office ini sangat cocok untuk diikuti peserta dari kalangan :
- Receptionist perusahaan dan hotel
- Operator telepon kantor
- Front office staff
- Petugas layanan pelanggan
- Sekretaris dan staf administrasi
Instruktur
Training receptionist profesional yang diselenggarakan, akan dilatih oleh instruktur yang berpengalaman dalam bidang receptionist dan operator front office :
Instruktur yang mengajar pelatihan professional receptionist & operator ini adalah instruktur yang berkompeten di professional receptionist & operator ini baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.
Metode Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan metode yang interaktif dan aplikatif, sehingga peserta dapat lebih mudah memahami materi. Instruktur berpengalaman akan menyampaikan materi secara sistematis, sementara peserta akan mengikuti diskusi kelompok untuk mendalami konsep. Selain itu, pelatihan ini juga mencakup simulasi serta studi kasus yang membantu peserta memahami penerapan konsep secara langsung dalam dunia kerja. Dengan pendekatan ini, mereka tidak hanya memperoleh wawasan teoretis, tetapi juga mengembangkan keterampilan praktis yang dapat mereka terapkan sesuai dengan kebutuhan industri.
Jadwal Pelatihan SQN Training 2025
- Batch 1 : 18 – 19 Januari 2025 / 26 – 27 Januari 2025
- Batch 2 : 15 – 16 Februari 2025 / 23 – 24 Februari 2025
- Batch 3 : 8 – 9 Maret 2025 / 23 – 24 Maret 2025
- Batch 4 : 18 – 19 April 2025 / 20 – 21 April 2025
- Batch 5 : 19 – 20 Mei 2025 / 24 – 25 Mei 2025
- Batch 6 : 15 – 16 Juni 2025 / 22 – 23 Juni 2025
- Batch 7 : 18 – 19 Juli 2025 / 26 – 27 Juli 2025
- Batch 8 : 11 – 12 Agustus 2025 / 24 – 25 Agustus 2025
- Batch 9 : 14 – 15 September 2025 / 21 – 22 September 2025
- Batch 10 : 12 – 13 Oktober 2025 / 26 – 27 Oktober 2025
- Batch 11 : 16 – 17 November 2025 / 26 – 27 November 2025
- Batch 12 : 7 – 8 Desember 2025 / 22 – 23 Desember 2025
Tempat Pelaksanaan Pelatihan
Pelatihan ini sudah pernah diadakan di Jakarta dan Yogyakarta. Kami juga bisa menyelenggarakan di kota lain, antara lain :
- Bandung
- Bali
- Surabaya
- Makassar
Note : Waktu dan tempat pelaksanaan pelatihan bisa kami sesuaikan dengan kebutuhan peserta.
Investasi Pelatihan Lokal SQN Training UMKM:
- Investasi pelatihan selama DUA hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta.
- Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.
Fasilitas Pelatihan di SQN Training
- Module / Hand-out
- FREE Flash disk
- Sertifikat
- FREE Bag or Backpack (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi Photo, Block note, ATK, Etc.)
- 2x Coffee Break, 1x Lunch, & 1x Dinner
- FREE Exclusive Souvenir
- Training Room Full AC And Multimedia.
AYO SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA
Syarat dan Ketentuan Berlaku
* Artikel diatas ditulis oleh Diyah Ayu, seorang copywriter dan spesialisasi SEO dalam penulisan silabus pelatihan/training. Sejak awal tahun 2024, saya telah aktif menulis artikel dan berkontribusi di website SQN Training sejak awal tahun 2025. Saya berfokus pada pembuatan konten informatif yang membantu para profesional serta perusahaan dalam menemukan solusi pelatihan yang tepat.